Rabu, 28 September 2016

Multimedia Pembelajaran Menggunakan Power Point

Multimedia PowerPoint
Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi persentasi dalam komputer. Sebagai program aplikasi presentasi yang populer, Microsoft PowerPoint paling banyak digunakan untuk berbagai kepentingan persentasi, baik persentasi produk, meeting, seminar, lokakarya, dan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan PowerPoint, kita dapat membuat persentasi secara professional dan bahkan jika perlu hasil persentasi dapat ditempatkan di server web untuk diakses sebagai bahan pembelajaran atau informasi yang lainnya. Selain penggunaannya mudah, program PowerPoint dapat diintegrasikan dengan Microsoft yang lainnya seperti Word, Excel, access dan sebagainya.

Untuk menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint sebenarnya tidak terlalu susah. Menu-menu di dalamnya sangat mudah untuk digunakan. Yang diperlukan adalah ketekunan dan waktu yang cukup untuk mempelajari cara penggunaan Microsoft Power Point. Cara yang termudah belajar Powerpoint adalah dengan praktek langsung membuat presentasi sederhana.
Sebagai panduan, silahkan ikuti langkah-langkah belajar PowerPoint yang akan diuraikan di bawah ini:

1. Masuk ke aplikasi Microsoft PowerPoint dengan mengklik  ikon PowerPoint yang ada di desktop. Bila Ikon PowerPoint tidak ada di desktop maka silahkan klik Start, klik All Program.


2. Cari Microsoft Office dan bila sudah ada klik gambar folder Microsoft Office tersebut sehingga nanti muncul daftar aplikasi yang ada di folder Microsoft office. Klik Microsoft Office PowerPoint.

 3. Jendela Microsoft PowerPoint akan terbuka dan siap untuk digunakan. Pada halaman awal Power Point terdapat lembar kerja (slide) kosong seperti gambar di bawah. Sebelum memulai bekerja dengan PowerPoint, klik terlebih dahulu menu layout untuk memilih desain lembar kerja. Pilih desain sesuai dengan keperluan, misal kita pilih desain `Title and Content(panah no 2)
4. Setelah desain lembar kerja (slide) telah kita pilih, saatnya untuk mulai membuat presentasi. Klik  kursor di kolom`Click to add title`, kemudian tuliskan di sana judul presentasi. Misalnya "Gerhana matahari". Kemudian Klik kursor di kolom`Click to add subtitle` dan isi dengan materi yang sesuai dengan judul. Kadang dalam presentasi perlu disisipkan gambar/foto/clip art untuk memperjelas pembahasan. Untuk memasukan gambar/foto/clip art, klik Menu Insert dan klik Picture. Kita akan dibawa ke kotak pencarian gambat yang ada di komputer. Cari gambar yang yang dikehendaki di penyimpanan komputer dan bila sudah ditemukan klik insert.
Setelah klik insert, gambar akan masuk ke dalam lembar kerja (slide). 
5. Bila lembar kerja (slide) halaman pertama telah penuh maka kita perlu halaman baru untuk melanjutkan pekerjaan. Klik New Slide, pilih desain lembar kerja yang sesuai kemudian klik di gambar yang dipilih. 

6. Lakukan pengisian materi presentasi di lembar kerja (slide) kedua dan seterusnya sampai seluruh materi presentasi masuk ke dalam lembar kerja (slide).
7. Untuk memperindah tampilan presentasi, pilihlah desain lembar kerja (slide). Caranya klik Menu Design dan pilihlah desain yang cocok dengan cara meletakan kursor di contoh desain yang ada di bawah baris menu. Coba satu persatu sampai memperoleh desain yang cocok. Bila sudah mendapatkan desain yang cocok klik di lokasi gambar yang terpilih.

8. Selanjutnya kita masuk ke Menu Animasi agar supaya presentasi lebih menarik ketika nanti di tampilkan di depan audiens. Klik Menu Animasi dan pilih tipe animasi dengan cara meletakan kursor di lokasi gambar contoh animasi. Coba satupersatu sampai menemukan animasi yang cocok. Bila sudah ada yang cocok, klik di lokasi gambar.

9. Kemudian kita akan memilih animasi untuk tampilan judul dan isi materi. Caranya klik Custom Animation (Gambar panah 1), kemudian klik di lokasi sampai akan muncul kotak segi empat (panah no 2). Selanjutnya klik panah kecil di sebelah kanan tulisan add effect (panah 3). Akan muncul 4 pilihan animasi. Pilih tipe animasi dengan memasukan kursor di dalam kotak pilihan (panah 4) sehingga nanti akan keluar beberapa pilihan tipe animasi. Bawa kursor ke tipe animasi yang dikehendaki dan klik di lokasi yang dipilih (panah 5).

10. Jika pilihan animasi yang dipilih tidak cocok dan ingin diubah klik di kotak nomor (panah 1) dan kemudian klik menu remove (panah 2)yang berada di sebelah kanan menu add effect. Kemudian pilih kembali animasi yang cocok untuk bagian tersebut.

11. Bila animasi untuk judul telah selesai dipilih, lakukan untuk bagian presentasi yang lain  sehingga semua memiliki animasi.(caranya klik kursor di lokasi yang akan dibuatkan animasi, klik add effect, kemudian pilih efek yang sesuai). Tanda bila tiap bagian telah berisi animasi adalah adanya kotak nomor di depan bagian tersebut. Bila semua pekerjaan telah selesai klik preview (panah di sebelah kiri) untuk melihat hasilnya.
12. Simpan presentasi dengan mengklik menu simpan di kiri atas aplikasi PowerPoint.

13. Terakhir adalah melihat hasil pekerjaan dengan cara klik Menu Slide Show dan pilih Sub Menu from Begining.
13. Layar akan berubah menjadi penuh (fullscreen). Buka presentasi dengan cara mengklik panah yang posisinya ada di sebelah kiri bawah. 
Video Cara Menggunakan Power Pont

 
Demikianlah cara pembuatan presentasi sederhana dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Lakukanlah berulang-ulang dengan cara memilih desain dan animasi yang berbeda-beda. Tidak ada hal yang sulit kalau kita mau mencoba.


Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint
2. Setelah sobat memilih theme, silahkan ganti tulisan click to add title dengan judul presentasi sobat dan click to add subtitle dengan deskripsinya. Sobat juga bisa menggantinya dengan tulisan yang sobat sukai, karena tidak ada yang mengharuskan sobat harus menulis judul dan subjudulnya.
3. Untuk menambah slide  sobat bisa melakukannya di menu home kemudian klik new slide lalu pilih layout yang sobat butuhkan.
- See more at: http://www.tutorial89.com/2014/06/cara-membuat-presentasi-di-microsoft.html#sthash.gvZam9Gb.dpuf

Ku Manjakan Notebook - ku

Ku Manjakan Notebook - KU

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.
Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.
Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama. Melalui artikel berikut ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.


Bagaimana cara merawat laptop dengan baik ?
Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang mengabaikan kesehatan laptop mereka.
Hampir setiap saat kita menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali kita merawatnya.
Langsung saja, lakukan hal-hal berikut ini guna merawat laptop kita agar tetap awet dan berumur lebih lama.
Maintenance pada Laptop/PC sendiri dibagi menjadi dua:
A. Maintenance Hardware
1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat
Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer.
Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor.


2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur
Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman.
Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

3. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.
Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya.
Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop
Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal.
Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin
Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.
Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda
Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.
Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.

7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil
Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak kecil, bisa jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan.

8. Jauhkan Makanan dari Laptop
Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard.
Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari
Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.
Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.


11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.
Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

12. Perhatikan Suhu Laptop Anda
Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.
Seperti yang di alami teman sekelas saya, dia sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya.
Alhasil, setelah saya cek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahun.

B. Maintenance Software

1. Memasang Antivirus
Sudah barang pasti yang namanya komputer bahkan smartphone pun membutuhkan tool yang satu ini. Antivirus sangat berguna untuk melindungi kita dari serangan virus yang dapat menjadikan performa laptop kita melambat, Jangan lupa Update Anti Virus selambat lambatnya 6 bulan sekali

2. Jangan Mendownload File yang Tidak Penting
Downloadlah file – file yang dirasa penting, jangan mendownload file – file yang tidak penting bahkan sampai mendownload file yang sama hingga 2-3 kali. File – file itu hanya menjadi file sampah atau file yang mungkin tidak akan pernah Anda gunakan.

3. Software Cleaner
Gunakan software cleaner untuk menjaga laptop tetap dalam performa terbaik. Pembersihan terhadap laptop dari cahce – cache harus dilakukan secara rutin, boleh seminggu sekali. Untuk software cleaner Anda bisa menggunakan CCleaner atau software lainnya yang dirasa nyaman.

4. Install Aplikasi yang Penting Saja
Ini yang sering penulis temukan dilingkungan sekitar, banyak dari teman – teman yang menginstall aplikasi – aplikasi yang tidak penting. Bahkan banyak dari teman – teman kalau ditanya untuk apa aplikasi ini, banyak dari mereka yang menjawab tidak tahu, bahkan ada yang menjawab agar desktop terlihat lebih ramai saja. Padahal jika Anda teliti semakin banyak aplikasi maka semakin lambat pula kinerja laptop kita.

5. Hapus Startup Application Yang Tidak Penting
Setelah aplikasi yang terinstall, sekarang kita ke Startup Application. Startup Application adalah aplikasi yang berjalan ketika sistem operasi baru hidup. Nah biasanya aplikasi ini yang membuat laptop terkesan sangat lamban saat baru dihidupkan. Untuk mengatur program startup. 

6. Maintenance disk (disk defragment dan disk cleaner). 
Disk defragment biar sistem ngatur file-file kita secara rapi dan mandiri. Gak usah kita suruh-suruh. Sedangkan cleaner berfungsih untuk ngebersihin disk kita dari sampah metabolisme sisa kinerja komputer/laptop.

7.Bersihin Recycle Bin secara teratur. 
 Bersihikan tiap 1 minggu sekali karena dalam satu minggu biasanya banyak file draft/revisi yang masuk ke Recycle Bin.
  
8. Rapikan File 
 Merapikan file dengan kategori-kategori sesuai isinya biar gak susah nyari. Kendala utama adalah saat kita download. Biasanya kan di simpen di Local Disk(C) tuh. Nah menyiasati hal ini kita pindahin file-file di folder download tadi ke Local Disk(D) kita biar aman. Jadi jika sewaktu-waktu bermasalah, kita masih memiliki kontrol. 
Untuk maintenence yang lebih peraktis dan mudah tentunya dengan menggunakan aplikasi lain sepereti yang pernah saya lakuakan yaitu dengan menggunakan AVG Tuneup.

 
Kesimpulan
Setelah membaca artikel di atas, saya harap anda lebih memperhatikan lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik-baik. Hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan anda.
Sekian untuk artikel hari ini, saya sangat senang sekali jika artikel yang saya tulis bermanfaat bagi anda.

Jumat, 16 September 2016

Teknoligi Komunikasi di pandang dari berbagai Sudut



1. Teknoligi Komunikasi di pandang dari berbagai Sudut:
A. Pengertian Teknoligi Komunikasi
Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, Pengertian Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.


B. Perkembangan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi sebenarnya sudah hadir sejak dahulu. Dulu manusia menciptakan teknologi karena dorongan akan hidup lebih baik. Sehingga mendorong manusia untuk membuat sebuah teknologi yang dapat membantu mereka dalam hal pekerjaan. Sehingga munculnya teknologi hingga sekarang.
ika dilihat dari kacamata sejarah, TI sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan TI. Manusia yang lebih maju dan modern mampu berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.

Saat ini Teknologi informasi masih berkembang pesat di segala aspek kehidupan. Dari yang sederhana, hingga yang mutakhir. Di berbagai negara maju dan berkembang, hadir teknologi-teknologi baru yang dapat membantu kita dalam hal perkerjaan.
Dapat disimpulkan bahwa Perkembangan teknologi informasi pada saat ini maju sangat pesat dari abad ke 19, menuju abad ke 20. Dapat diprediksikan bahwa abad ke 21 akan mempunyai perkembangan teknologi yang lebih mutakhir yang akan lebih bermanfaat bagi manusia.
Pada jaman lalu, teknik pendokumentasian informasi pun masih sangat sederhana, tetapi akhirnya terus berkembang dengan sanat pesat hingga saat ini. Beberapa alat yang digunakan pada zaman dulu antara lain, tulang, batu, kulit kayu, tanah liat, dan kulit binatang. Adapun karakteristik dari cara penyampaian informasi pada zaman dahulu adalah informasi menyebar dengan lambat dan kuran efektif.

 C. Teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi 6 teknologi, yaitu :

Teknologi Komunikasi.
Teknologi Masukan (Input Technology).
Teknologi Keluaran (Output Technology).
Teknologi Perangkat Lunak (Software Technology).
Teknologi Penyimpanan (Storage Technology).
Teknologi mesin pemroses (Processing Machine Technology).

Penjabaran :

     1) Teknologi Komunikasi


Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori ini adalah telepon, radio, televisi, dsb.

Komputer tidak harus berupa PC, seperti yang sering dijumpai di rumah atau kantor, tetapi juga dapat berupa peralatan-peralatan lain seperti microwave (Oven mikro gelombang), remote TV, Televisi, Ponsel, CD Player, dsb. Peralatan tsb saat ini bergantung pada komputer dalam bentuk chip yang disebut Microprocessor.

     2) Teknologi Masukan ( Input Technology )


Teknologi masukan (Input Technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Misal : Keyboard & Mouse.

Untuk pembahasan lebih lengkap ada di Peralatan yang termasuk kedalam Input Device

3   3) Teknologi Keluaran ( Output Technology )


Teknologi keluaran (Output Technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Misal : Printer, Monitor dan Speaker.



     4)  Teknologi Perangkat Lunak ( Software Technology )

Perangkat lunak ialah segala sesuatu yang mencakup program, dokumentasi dan konfigurasi data yang saling berhubungan, yang diperlukan untuk agar program beroperasi dengan benar.
Contoh :
Pengolah kata            : Ms. Word, Excel
Pengolah gambar      : Adobe Photoshop
Editing Video : Adobe Premiere
Statistika                    : SPSS, Minitab
Desain Arsitektur      : AutoCAD
Kompressi                  : 7Zip & WinRAR

     5) Teknologi Penyimpanan ( Storage Technology )


Teknologi penyimpan dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu Internal Memory (Internal Storage) dan External Memory (External Storage).

Internal Memory berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU.
Contoh :
ROM (Read Only Memory), memory yang hanya dapat dibaca.
RAM (Random Access Memory), memory yg isinya dapat diperbaharui.

Eksternal Memory berfungsi untuk menyimpan data secara Permanen
Contoh :
Hardisk, flashdisk, dan disket

     6) Teknologi Pemroses ( Processing Machine Technology )



Mesin Pemroses (Processing Machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data.


D. Komponen-komponen Teknologi Komunikasi
a.  Hardware (perangkat keras)
Perangkat keras komputer, berupa: CPU, storage, perangkat Input/ Output, terminal untuk interaksi, media komunikasi data.
b.  Software (perangkat lunak)
Perangkat lunak komputer, berupa perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitinya), perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman), perangkat lunak aplikasi (aplikasi akuntansi, dll).
c.  Brainware (orang yang membuat, menggunakan dan memelihara sistem).
Personil untuk pengelolaan operasi (SDM), meliputi:
Clerical personal (untuk menangani transaksi dan pemrosesan data dan melakukan inquiry = operator).
- First level manager, untuk mengelola pemrosesan data didukung dengan perencanaan, penjadwalan, identifikasi situasi out of control dan pengambilan keputusan level menengah ke bawah.
- Staff specialist, digunakan untuk analisis untuk perencanaan dan pelaporan.
- Management, untuk pembuatan laporan berkala, permintaan khusus, analisis khuusus, laporan khusus, pendukung identifikasi masalah dan peluang. Aplikasi = program+prosedur pengoperasian.
d.  Database (penyimpanan data pada media penyimpanan komputer).
Beberapa keuntungan pemrosesan data berdasarkan data base:
Pencegahan redundansi data: menghindari pengulangan penyimpanan melalui struktur yang logik dan hemat (menghindari penyimpanan data berulang pada file)
- Konsistensi data: dengan pengendalian duplikasi data maka tampilan data selalu konsisten karena dari sumber / lokasi penyimpanan yang sama .
- Integrasi data: dengan diorganisasikannya dalam suatu struktur tunggal dengan hubungan – hubungan logic diantara entitas data yang berkaitan, maka pengguna dapat dengan mudah menghubungkan suatu data dengan data lain .
Multiple user: pemakaian data bersamaan pada waktu yang sama dengan sistem network / LAN (local area network).
Standarisasi data: dengan mendefinisasikan data dan pembakuan data akan menghindari ketidakseragaman format .
- Kemudahan pembuatan aplikasi sistem karena data sudah diintegrasikan dengan hubungan – hubungan antar file dan tidak dalam bentuk berkas – berkas terpisah .
Kemudahan akses: karena merupakan koleksi data komputer yang diorganisasikan
Kebebasan data .
Keamanan data: Karena dilengkapi program / fasilitas keamanan dari sistem operasinya dengan pengendalian pemakaian password, pengacakan data / enkrip dan lain – lain.

E. Klasipikasi Teknologi Informasi
1) Prosedur Teknologi Informasi, merupakan langkah-langkah penggunaan sistem.
Ada beberapa klasifikasi sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sistem teknologi informasi dapat diklasifikasikan berdasarkan:
- Klasifikasi Menurut Fungsi Sistem
a. Embedded IT System yaitu sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain. Contoh sistem pada lift berfungsi untuk mengendalikan gerakan lift.
b. Dedicated IT System yaitu sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Misalnya ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dirancang khusus untuk melakukan transaksi keuangan nasabah bank.
c. General Purpose IT System yaitu sistem teknologi informasi yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang bersifat umum. Misalnya sistem komputer yang disebut PC.
2) Klasifikasi Menurut Cara Melayani Permintaan Pada lingkungan yang memiliki sejumlah komputer yang saling berhubungan, dikenal dengan istilah client/server. Server adalah komputer/software yang bertugas melayani permintaan komputer yang berkedudukan sebagai client. Contoh: web server. Client adalah komputer yang memanfaatkan layanan yang disediakan server.

F. Dampak Positif  Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
  • Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
  • Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
  • Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  • Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
  • Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan pos, internet dan lain-lain.
  • Mengurangi lag dalam penggunaan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara-negara berkembang dan negara maju lainnya.
  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  • ICT sebagai sistem pendukung keputusan dalam dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan profil lembaga pendidikan yang diakui oleh Pemerintah.
  • Berbagi hasil penelitian, penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cepat.
  • Konsultasi dengan ahli, konsultasi ahli di bidang undangan dapat dilakukan dengan mudah bahkan jika para ahli sangat banyak di tempat.
  • Perpustakaan online, perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
  • Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
  • Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka. “Computer Aided Instruction” telah melihat sedikit peningkatan kinerja siswa pada pilihan ganda, pengujian standar di beberapa daerah. Computer Aided (atau dibantu) Instruksi (CAI), yang umumnya mengacu pada siswa belajar mandiri atau tutorial pada PC, telah terbukti sedikit meningkatkan nilai tes siswa dalam membaca dan matematika keterampilan atau mata pelajaran lain, meskipun apakah peningkatan ini berkorelasi dengan peningkatan yang signifikan dalam belajar siswa.
  • TIK digunakan dalam mata pelajaran sekolah yang berbeda. Penggunaan ICT untuk simulasi dan pemodelan dalam sains dan matematika telah terbukti efektif, karena memiliki perangkat lunak pengolah kata dan komunikasi (e-mail) dalam pengembangan bahasa dan kemampuan komunikasi siswa.
  • Akses luar sekolah mempengaruhi kepercayaan pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah juga menggunakan komputer di sekolah lebih sering dan lebih percaya diri daripada siswa yang tidak memiliki akses di rumah mereka.
Dampak Negatif  Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran
Ada biaya besar yang terlibat antara siswa miskin dan pendidikan yang bisa berakhir menjadi kerugian. Hal ini sering disebut sebagai faktor kesenjangan digital. Beberapa dampak negatif dari da Komunikasi Teknologi Informasi dalam pendidikan, antara lain:
  • Kemajuan TI akan semakin memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.
  • Meskipun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah, tetapi jika ada kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
    Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (jangka pendek perhatian).
  • Tes Program kerahasiaan semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui internet.
  • Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
  • Tidak membuat TI sebagai media atau sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download, tapi masih membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital, tetapi juga masih mengunjungi perpustakaan.
  • Pertimbangkan penggunaan TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.
  • Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.
  • Perlu untuk tujuan yang jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan penggunaannya tidak jelas. Seperti untuk menggunakan internet untuk mencari video porno saat menggunakan komputer di sekolah.
2. Dampak positif dan Negatif  komputer dalam bidang pembelajaran
Dampak Positif :
1. Dengan adanya komputer memudahkan para guru maupun pegawai sekolah dalam memproses nilai siswa ,kehadiran siswa, pembayaran sekolah , pembuatan jadwal,dll
2. Mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas menambah pengetahuan dan wawasan semakin luas
3. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan
4. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
5. Selain berdampak positif , komputer juga bisa berdampak negatif ,seperti;
6. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap hak atas kekayaan intelektual (haki) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.

Dampak Negatif :
1. Anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas.
2. Akses negatif lewat internet
3. Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
4. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer.

3. Dampak positif mau dampak negatif multimedia dalam pembelajaran. 
    Dengan kata lain multimedia tidak hanya bermanfaat namun juga dapat menimnulkan permalahan  
    bagi pengguna nya
 Dampak Positif Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Pendidikan
- Siswa / mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan     hanya  
   pada buku teks. 
      - Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan    
      menggalakkan komunikasi berbagai hal (pelajar-guru, pelajar-pelajar,  
       pelajar-komputer ) 
     - Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra  
      penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar. 
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning. 

Dampak Negatif Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Pendidikan

·       Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning selain berbagai dampak positif yang di dapat ada juga beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya dan pengurusan sertifikasi hasil belajar di nilai rumit
·       Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
·       Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang diadakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh:sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya

4. Peranan Positif dan Negatip penggunaan internet pada pembelajaran:

Dampak Positif:
1. Internet sebagai media komunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data :
dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data :
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi:
kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
Dampak Negatif :
1.    Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.    Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3.    Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.    Carding Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5.    Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut