Header Ads

Pengertian & Pembuatan Mobile learning

PENGERETIAN MOBILE LEARNING

 


mobile learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Hal penting yang perlu diperhatikan bahwa tidak setiap materi pengajaran cocok memanfaatkan mobile learning.
Berdasarkan definisi tersebut maka mobile learning, merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan vsualisasi materi yang menarik. Istilah M-Learning atau Mobile Learning merujuk pada penggunaan perangkat genggam seperti PDA, ponsel, laptop dan perangkat teknologi informasi yang akan banyak digunakan dalam belajar mengajar, dalam hal ini kita fokuskan pada perangkat handphone (telepon genggam) tujuan dari pengembangan mobile learning sendiri adalah proses belajar sepanjang waktu (long life learning, Siswa/i dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran, menghemat waktu karena apabila diterapkan dalam proses belajar maka siswa/i tidak perlu harus hadir di kelas hanya untuk mengumpulkan tugas, cukup tugas tersebut dikirim melalui aplikasi pada mobile phone yang secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas proses belajar itu sendiri.

Dari ilustrasi tersebut di atas, setidaknya dapat diambil tiga hal penting sebagai persyaratan kegiatan belajar Mobile Learning, yaitu :
  1.      Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan. Jaringan dapat saja dengan LAN atau WAN;
  2.   Tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta belajar, misalnya ponsel/HP, atau bahan cetak; dan
  3.      Tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan dalam penerapan sistem ini.


Beberapa kelebihan Mobile Learning dibandingkan dengan pembelajaran lain adalah:
1.      Dapat digunakan dimana-pun pada waktu kapan-pun,
2.      Kebanyakan divais bergerak memiliki harga yang relatif lebih murah disbanding harga PC desktop,
3.      Ukuran perangkat yang kecil dan ringan daripada PC desktop,
4. Diperkirakan dapat mengikutsertakan lebih banyak pembelajar karena Mobile Learning memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.



B.       Cara Pembuatan Mobile Learning dengan Menggunakan Software Wondershare PPT2DVD pro   


         


1.      Pastikan software wondershare PPT2DVD dan Microsoft Office telah terinstal di PC anda.

2.    Sebelum membuka software wondershare PPT2DVD, terlebih dulu buat materi yang akan dijadikan pembelajaran. Materi dibuat di Microsoft powerpoint (disarankan menggunakan Ms Office 2007/ 2010).

3.      Buat materi semenarik mungkin. Tidak perlu menggunakan efek “transision” dan “animation”.

4.   Jika ingin memasukkan lagu, masukkan lagu yang berformat .mp3. Kemudian atur “audio tools”, pilih “automatically” dan “hide during show”. Seperti tampilan di bawah ini. Ini bertujuan agar ketika media dimainkan, musik otomatis berjalan tanpa perlu di klik.

5.      Jika anda memasukkan video, sebaiknya masukkan video yang berformat .mpv. Kemudian atur “audio tools”, pilih “automatically”. Seperti tampilan di bawah ini.

6.      Setelah materi dalam bentuk powerpoint selesai, jangan lupa men-save-nya.Tutup software powerpoint.

7.      Buka aplikasi PPT2DVD. Di bawah ini tampilan awal PPT2DVD.

8.      Klik “Create Video Files”.

 9.      Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, klik “add”.

 10.  Pilih file materi powerpoint yang sebelumnya telah dibuat. Klik “open”.
 
 11.  Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, klik “next”.

 

12.  Pada menu settings, klik “next”.

 
13.  Pada menu export, klik “start”.


14.  Muncul tampilan sepertidi bawah ini, klik “ok”.

 

15.  Dimulailah proses rendering (generating file). Pada tahap ini, akan memakan waktu. Semakin banyak materi yang dibuat, semakin lama proses rendering.

 

 16.  Tunggu sampai proses rendering selesai.

 Media pembelajaran berbasis mobile learning siap untuk digunakan.

Untuk lebih jelas dapat di  simak video tutorial berikut



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.