PERANAN KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN
Komputer merupakan satu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak
kelebihan. Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses
pengajaran ,serta membantu pelajar mengerjakan tugas , karena komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data dll .
Peranan
komputer di bidang pendidikan diantaranya
ialah sebagai berikut :
a) Sebagai alat presentasi
dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk
mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam
rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian
mereka.
b) Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin
ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun
disekitar akhir tahun sembilan puluhan sampai sekarang posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih
efektif.
c) Sebagai alat hitung
Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka ,
banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik
jumlah , rata rata dan juga pembagian.
d) Sebagai media
komunikasi dengan masyarakat luas
internet adalah satuan dari kumpulan
seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain,
banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik di pegang
oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin
pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam
bentuk Pdf ,html dan juga doc . dapat di akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala .
A. Bentuk -
Bentuk Pembelajaran Dengan Meggunakan Komputer
Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan
komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
a) Pembelajaran
dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang
menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang
bervariasi. (schule.bayern.de)
b) Pembelajaran
dengan format PDF. Biasanya format
PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi
dengan suara dan gambar.
c) Pembelajaran
dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan
suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar,
komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
d) Pembelajaran
dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan
program PDF atau Microsoft Office.
e) Pembelajaran
dengan menggunakan CD-ROM. Dengan
fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan
dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
f) Pembelajaran
dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu
komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran
dapat diselenggarakan secara online
dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
B.
PERAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Menurut
Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media
pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan
memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
1.
Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan
komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau
wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
2.
Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa
atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang
menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
3.
Feedback and Reward : Dengan
komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja
pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, pujian
tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi
diri terutama dalam pembelajaran.
4.
Peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia
pendidikan yang diantaranya adalah e-learning :
a.
Lebih mudah
mendapatkan materi atau informasi
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
b.
Bisa
mendapatkan materi yang lebih banyak
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
c.
Pembelajaran
lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
C. PENGAJARAN
BERBANTUAN KOMPUTER
Dengan berkembangnya teknologi e-media, sebagai media pendiddikan, maka sarana dan prasarana untuk
pemanfaatannya juga berkembang, salah satu sarana tersebut adalah komputer.
Pengajaran berbatuan komputer merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh para
ahli sejak beberapa dekade yang lalu, karena dengan batuan komputer ini proses
pengajaran berjalan lebih interaktif dan membantu terwujudnya pembelajaran yang
mandiri. Dengan perkembangan teknologi komputer
ini, maka metode pendidikan juga berkembang, sehingga proses pengajaran
berbantuan komputer ini maju terus menuju kesempurnaannya, namun secara garis
besarnya, dapat dikatergorikan menjadi dua, yaitu computer-based training (CBT) dan Web-based training (WBT).
1.
Computer-based Training
(CBT)
CBT
merupakan proses pendidikan berbasiskan komputer, dengan memanfaatkan media
CDROM dan disk-based sebagai
media pendidikan. Dengan memanfaatkan media ini, sebuah CD ROM bisa terdiri
dari video klip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi yang
akan digunakan oleh peserta didik. Dengan CBT, proses pendidikan melalui classroom tetap dapat terlaksana,
sehingga interaksi dalam proses pendidikan dapat terus berlangsung.
2.
Web-based training (WBT)
WBT sering juga diidentikkan dengan e-learning, dalam metoda ini selain
menggunakan komputer sebagai sarana pendidikan, juga memanfaatkan jaringan
Internet, sehingga seorang yang akan belajar bisa mengakses materi pelajarannya
dimanapun dan kapanpun, selagi terhubung dengan jaringan Internet .
Secara umum aplikasi komputer dalam
bidang pendidikan terbagi menjadi dua, yaitu :
1. Aplikasi non pengajaran
Dalam
aplikasi non pengajaran terbagi menjadi empat, yaitu :
a) CBE
(Computer Based Education)Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam
pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk
aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti:
mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data
pribadi, dll.
b) CAT
(Computer Assisted Testing)
c) Ujian
berbantuan computer, sebagai pengganti kertas ujian, tanya jawab interaktif.
d) CAG (Computer
Assisted Guidance)
e) Komputer
digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai
f) CMI
(Computer Managed Instruction)
g) Komputer
digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau
prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
2. Aplikasi
pengajaran , Terbagi menjadi tiga, yaitu:
1)
CAI (Computer Assisted Instruction), Jenis Aplikasi
CAI :
a. Latih dan Praktek (Drill and Practice) : Menguji
tingkat pengetahuan siswa.
b. Penjelasan (tutorial) : Untuk
materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
c. Simulasi : Digunakan untuk mengkaji
permasalahan yang rumit.
d. Pemainan (game) : Agar bisa mendapat pengetahuan
dengan santai.
2) Metode
pengajaran logo
Menggabungkan 3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan,
psikologi & Ilmu komputer. Dikembangkan
oleh Seymour Papert dan partner.
Tujuan pengembangan :
a.
Membuat berbagai model metode belajar.
b.
Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang
sudah dicapai.
c.
Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin
belajar
d.
Metode pengajaran LOGO
e.
Dibantu
& mencari jalan sendiri.
3) Metode
pengajaran small talk – 80
Menggunakan jaringan komputer (tiap
komputer disebut OBJECT).
Kelebihan : fasilitas grafis
berkemampuan tinggi dan siap pakai.
Pemakai tidak perlu mengerti aspek
teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan
mereka dengan cara yang mudah dimengerti.
Komputer sebagai alat pelajaran
mempunyai sejumlah keuntungan :
a.
Dapat membantu murid dan guru dalam pelajaran. Karena
komputer itu "sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna", ia
sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching. Tak ada guru yang dapat
memberi latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
b. Memiliki banyak kemampuan yang dapat
dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau memproduksi grafik, gambaran
dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia
manapun.
c. Sangat fleksibel dalam mengajar
dan dapat diatur menurut keinginan peneliti pelajaran atau penyusunan
kurikulum.
d. Mengajar oleh guru dapat saling
melengkapi. Bila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan murid dengan
sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer dapat memberi jawaban
yang tak dapat segera dijawab oleh guru.
e. Komputer dapat pula menilai hasil
setiap pelajaran dengan segera.
Selain
keuntungan di atas komputer memiliki beberapa peran dalam penggunaannya di
bidang pendidikan antara lain :
1. Penggunaan komputer sebagai super
kalkulator.
2. Penggunaan komputer untuk mengajar
komputer dan memprogram dengan komputer.
3. Penggunaan
komputer sebagai alat bantu langsung dalam prosesbelajar mengajar.
4. Mode tutor
pengganti.
5. Mode
laboratorium simulasi.
6. Peranan
komputer dalam bidang administrasi dan manajemen.
7. Penggunaan
komputer sebagai pusat data.
Dahulu fasilitas pendidikan hanya
kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat
kita peroleh melalui media Radio,
Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang
terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan
Ilmu pengetahuan, antara lain :
a. Dari
aplikasi yang kita Install. Setiap
aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara
menggunakan program dan pelatihan.
b. Aplikasi
yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti
: Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang
yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini
kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ;
dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain
arsitektur dll.
c. Selain dari
aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapat
memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti :
“ Sejarah,
Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi,
Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan
Agama dll ” .
Selain dalam
dunia pendidikan, manfaat besar lainnya
dari komputer juga dapat di temukan di dunia pekerjaan lain, diantaranya :
a.
Dibidang pendidikan kedokteran dan kesehatan
Melakukan rontgen terhadap tubuh pasien sehingga dapat
diketahui apa penyakit dan penyebabnya, Diagnostik , terapi dan perawatan, monitoring
status pasien, Adminstrasi Rumah Sakit , Data base karyawan Rumah Sakit ,
Laboratorium analisis kesehatan, penelitian dalam bidangkesehatan, Penelitian
dan pabrik Farmasi.
b.
Dibidang ekonomi
Metode usaha dapat menggunakan apa saja termasuk komputer
salah satunya. Komputer dapat disewakan (rental komputer), dijadikan warnet,
usaha percetakan, mengedit video dan gambar, desain grafis untuk periklanan,
install dan service software (perangkat lunak), pembuatan website, kursus
komputer dan masih banyak lagi sarana usaha lainnya
c.
Penggunaan komputer dalam bidang Biologi / riset
Adalah untuk menginterpretasikan data-data biologi,
misalnya informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup
tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi.
d.
Penggunaan
komputer dalam bidang militer
Adalah untuk mengendalikan senjata
atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,
untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi
rahasia militer.
Di dalam
bidang pendidikan, komputer juga mempunyai andil yang sangat besar di dalam
memberikan informasi untuk beragam usia. Beberapa fungsi komputer dalam bidang
pendidikan diantaranya;
a. Sebagai Mencari Bahan Informasi
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
b. Untuk Media Pembelajaran
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
c. Komputer Sebagai Tempat Penyimpanan
Data
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas
d. Berkas Kertas.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.
Secara umum dapat dijelaskan peranan komputer atau ilmu teknologi pada
pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1.
Ilmu Teknologi (selanjutnya disebut: IT) merupakan sumber dari ilmu pengetahuan.
Hal ini terjadi karena komputer telah berhasil menjadi ”alat perekam cerdas”
yang mampu menampung semua informasi yang diberikan oleh pengguna dari seluruh
dunia. Jadi setiap kita menulis sesuatu di internet, maka komputer server utama
akan merekam seluruh informasi yang diberikan.
2.
IT/komputer digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Kenyataan ini terjadi karena pada saat ini para instruktur di berbagai belahan
dunia telah dan terus menerus mengaplikasikan penggunaan IT sebagai bagian
integral alins dan alongins di dunia pendidikan.
3.
IT/komputer dijadikan salah satu prasarat komponen manajemen pendidikan modern.
Pemahaman ini diambil dari wacana bahwa semua unsur terkait atau stake holder
(instruktur, manajer, pimpinan, siswa, pendukung pendidikan) dalam dunia
pendidikan harus memahami dan mempunyai ketrampilan pemanfaatan IT.
4.
IT/komputer mampu mentransformasikan data dalam bentuk digital, audio visual,
simulasi, gerak, dan realitas maya tergantung dari kemampuan sumber daya alat
dan konsep pendidikan yang diinginkan. Sehingga pada saat ini telah ada konsep
manajemen kelas virtual semacam Learning Management System (LMS), materi-materi
elektronik; fasilitas e-learning, e- library, e-office, distance learning.
5.
IT/komputer bagi sebuah institusi pendidikan dijadikan alat untuk melaksanakan fungsi
manajemen pendidikan yang mampu merencanakan, mengelola, melaksanakan fungsi
pendidikan, pengkajian, evaluasi dan pengembangan. Pengelolaan ini dapat
dilaksanakan melalui program LMS, blackboard, webwiz dst. Seorang manajer
pendidikan mampu mengelola daftar hadir siswa, merekam proses belajar,
memberikan penugasan, memberi dan menerima materi ajaran, mengirimkan materi
evaluasi pendidikan, melaksanakan bimbingan dan pengasuhan.
6.
Kemampuan
aplikasi IT/komputer yang sudah dapat digunakan untuk
menganalisa kinerja suatu institusi seperti kita kenal; Executive Information
System, Decision Support System, Expert System, Management Information System.
Hal ini membuat analisa kinerja institusi pendidikan menjadi lebih mudah.
7.
IT/teknologi sebagai budaya. Kenyataan ini muncul sebagai akumulasi dari keenam peran
diatas, mendasari pola kerja dan kinerja satuan yang sudah menggunakan dan
mengembangkan IT di lingkungan kerjanya. IT merupakan tuntutan menajemen
institusi modern, mau tidak mau IT harus ada, digunakan, dan dikembangkan.
E. Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:
a. Pendidik
dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana
dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model
latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model
penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan
(game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran
agar pembelajaran lebih menarik.
b. Kemampuan
belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka
dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer
mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
c. Kecerdasan
psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis
teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang
bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
d. Komputer
adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci
terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna
komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan
ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda
mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
Tidak ada komentar